JASA GAMBAR RUMAH

JASA GAMBAR RUMAH

Jumat, 15 Juni 2012

TAHAPAN CARA MEMBUAT RAB RUMAH


Karena masih banyak dari rekan-rekan terutama member dari www.rabrumahreseller.com dan www.rabrumah.com, yang bingung saat akan membuat rab rumah, pada postingan ini kami mencoba menampilkan artikel tahapan – tahapan yang dilakukan untuk menghitung RAB.
Untuk menghitung RAB pertama tama yang harus kita lakukan adalah menginventaris pekerjaan, mulai dari pekerjaan awal , pertengahan sampai  dengan pekerjaan akhir.
Pekerjaan Awal, meliputi Pengukuran, pembersihan lokasi  perhitungan bisa m2 atau  lumpsum,  bowplank, pembuatan dereksikit atau gudang bila di perlukan, galian fondasi galian saluran, urugan lantai, urugan kembali.  Bongkaran bila ada.
Pekerjaan pertengahan, Lantai kerja fondasi, sloof,kolom, pasangan bata, ringbalk, pasang atap, pasang kesen. Saluran air bersih, kotor, instalasi listrik, pekerjaan lantai keramik, dinding keramik, pekerjaan sanitair
Pekerjaan akhir, plesteran , acian, pasang daun pintu, jendela, plafond, pengecatan, pekerjaan penggantung dan pengunci, Pembersihan akhir.
Dari item – item pekerjaan diatas kita jabarkan, dan mulai kita hitung volume pekerjaan tersebut. Mulai dari :

PEKERJAAN AWAL :
Pengukuran lokasi perlu di ukur sesuai dengan kenyataan dilapangan, biasanya satuan lumpsum perkirakan biaya adalah berapa tenaga yang mengukur dan waktu yang diperlukan berapa lama, andaikan kita menggunakan 1 tukang 2 tenaga dan 1 mandor(pengawas), kalikan dengan upah harian pekerja tersebut kemudian di tambah 10%. Dilanjukan dengan pekerjaan bowplank dihitung m’ , bila bangunannya tidak terlalu luas pemasangan bowplank cukup sisi pinggir bangunan.
Pekerjaan Galian, hitung volume galian dengan satuan m3 harga gunakan analisa pekerjaan sipil, kemudian urugan kembali, diambil 40% dari volume galian, bila ada pengurugan lantai hitung volume urugan lantai. Dan juga bila ada bongkaran, kalau bongkaran tidak terlalu banyak dihitung lumpsum aja, tetapi sebaliknya bila pekerjaan bongkaran banyak seharusnya dihitung permasing – masing item.

PEKERJAAN PERTENGAHAN :
Lantai kerja, perhitungan ada 2 macam yaitu dengan volume satuan m3 ada yang menghitung dengan luas satuan m2 , mungkin pembaca bertanya, kenapa bisa 2 macam, hal ini biasa dilakukan bila dihitung dengan satuan m3 volumenya kecil dan akan didapat harga menjadi murah,  maka dirubah dengan perhitungan luas, mungkin pembaca beratanya kenapa tidak dinaikan saja harga satuan lantai kerja, terkadang kalau harga satuan lantai kerja dinaikan bisa timbul 2 kemungkinan harga yang lain ikut naik, atau bahkan harga satuan lantai kerja menjadi tidak wajar. Dilanjukan pada perhitungan fondasi , kemudian sloof,kolom, ringbalk, dan pada perhitungan sloof kolom ringbalk, atau pekerjaan beton-beton kecil lainnya permasalahan harga hampir sama dengan lantai kerja.  Terkadang juga volume pekerjaan beton tersebut dijadikan m’.  perhitungan 2 ini sering terjadi pada pekerjaan pembangunan rumah bukan proyek proyek pada instansi.
Untuk pekerjaan lainnya  yang terkadang satuannya sering dirubah adalah pengecatan daun pintu, daun jendela dari m2  sering juga di gunakan unit.  Bersambung KLIK DISINI


0 komentar:

Poskan Komentar