JASA GAMBAR RUMAH

JASA GAMBAR RUMAH

Jumat, 30 Januari 2009

MENGURANGI EFEK BURUK ATAP ASBES

Penutup atap dari bahan asbes sangat akrab dengan masyarakat, selain harganya murah dan pemasangannya mudah, karena atap asbes memiliki bobot yang ringan sehingga tidak membutuhkan konstruksi gording yang khusus.
Oh yah sebelum lanjut saya mau kasih informasi kalau ada yang mau ikutan PickJack, yaitu menjawab pertanyaan, kalau jawaban kita benar, kita dapat dollar, daftarnya tidak bayar alias gratis SILAKAN DAFTAR DISINI saya sudah membuktikan hari ini dapat pemberitahuan dari pickjack bahwa pembayaran sdh ditransfer ke paypal. kalau tidak, silakan lanjutkan membaca.

Bahan yang terbuat dari asbes untuk bangunan sering kita jumpai yaitu asbes gelombang (digunakan untuk atap), asbes plat (digunakan untuk plafon atau partisi).

Karena sifatnya yang tahan panas, kedap suara dan kedap air, asbes sering digunakan pada isolating pipa pemanas, dan juga digunkan untuk panel akustik.

Mengapa asbes termasuk dalam kategori bahan yang sangat berbahaya, karena asbes yang kita kenal terdiri dari serat-serat yang berukuran sangat kecil, kira – kira lebih tipis dari 1/700 rambut kita, serat-serat ini tidak menguap diudara dan tidak terlarut didalam air, jika terhirup oleh paru-paru akan menetap disana dan bisa menyebabkan berbagi macam penyakit.

Asbes dapat membahayakan tubuh kita jika ada bagian yang rusak, sehingga serat – seratnya bisa lepas, ini menjadi bebrbahaya karena sulit untuk mendeteksi bagai manakah yang dikatakan rusak, dan terkadang kita tidak sadar kalau asbes yang kita gunakan sudah rusak.

Kondis lain yang sangat beresiko adalah saat asbes dipotong atau diperbaiki. Ketika di potong akan mengeluarkan serpihan-serpihan yang berupa serbuk, yang sangat berbahaya bagi paru-paru kita.

CARA PENGURANGI EFEK NEGATIP DARI ASBES.

1. Jika atapmenggunkan asbes, gunakanlah plafon untuk mecegah debu dan serat asbes jatuh kedalam rumah.
2. Ganti asbes setiap 5 tahun sekali, walaupun tidak ada tanda-tanda rusak.
3. Saat mengerjakan asbes, gunakan alat penutup hidung.
4. Buatlah ventilasi yang baik, ventilasi yang baik akan mengurangi efek gas radon yang terkandung didalam asbes.
5. Mengecat asbes bukan solusi untuk mencegahnya asbes terhirup oleh kita, asbes yang rusak walaupun dicat tetapakan menimbulkan dampak yang sama.

PENYAKIT KARENA ASBES.

1. Asbestosis.
Yaitu luka pada paru-paru hingga menyebabkan kesulitan bernapas dan dapat mengakibatkan kematian.

2. Mesothelioma.
Adalah sejenis kanker yang menyerang selaput pada perut dan dada, mesothelioma baru muncul gejalanya setelah 20 – 30 tahun sejak pertama kali menghirup serat asbes.

3. Kanker paru-paru.
Di Negara Negara maju, asbes putih digolongkan sebagai karsinogen ( bahan penyebab kanker).

Untuk mengetahi harga Borongan bangunan Rumah KLIK DISINI

Sumber :
Tabloid Rumah Sehat
Mahasiswa Fakultas kesehatan Masyarakat UI.





EBOOK

INI TIDAK SEPERTI EBOOK-EBOOK LAINNYA YANG MENJANJIKAN MEMBER CEPAT KAYA ATAU SEBAGAI MESIN PENGUMPUL UANG, EBOOK INI SEBAGAI PASILITAS MEMBER UNTUK USAHA BAIK SECARA ONLINE MAUPUN OFFLINE, DAN EBOOK INI KAMI BUAT BERDASARKAN PENGALAMAN KAMI SELAMA INI

1. DIBIDANG TEKNIK SIPIL : 153 ANALISA PEKERJAAN SIPIL
EBOOK INI SANGAT MUDAH DIGUNAKAN, WALAUPUN YANG TIDAK MEMPUNYAI LATAR BELAKANG DI BIDANG BANGUNAN, KARENA CUKUP MENGISI HARGA SATUAN TUKANG MAUPUN MATERIAL DI MANA BANGUNAN ITU AKAN DIDIRIKAN, MAKA AKAN MENDAPAT HARGA SATUAN SETIAP PEKERJAAN, MULAI DARI PENGGALIAN SAMPAI DENGAN PHINISING RUMAH. SEHINGGA BISA DIGUNAKAN SEBAGAI PEDOMAN UNTUK MEMBORONG PEKERJAAN BANGUNAN ATAU RENOVASI RUMAH.

2. DIBIDANG INTERNET MARKETING : 52 LANGKAH CARA MEMBUAT WEB
UNTUK MEMULAI USAHA DIBIDANG INTERNET, SEBAIKNYA MENGGUNAKAN WEB PRIBADI DENGAN DOMAIN BERBAYAR, AGAR CALON KONSUMEN LEBIH PERCAYA UNTUK BERTRANSAKSI DENGAN KITA, DIDALAM EBOOK 52 LANGKAH CARA MEMBUAT WEB INI KAMI URAIKAN SANGAT SEDERHANA MUNGKIN AGAR MUDAH DI MENGERTI,  KARENA YANG KAMI TAMPILKAN SETIAP PERINTAH ADA GAMBARNYA,DENGAN CONTOH WEB YANG KAMI BUAT,  DAN KAMI YAKIN DENGAN MENGIKUTI SETIAP PETUNJUK DARI EBOOK TERSEBUT MEMBER AKAN BISA MEMBUAT WEB DENGAN BIAYA YANG TIDAK MAHAL HANYA MENGELUARKAN BIAYA UNTUK PEMBELIAN DOMAIN
DAN ADA BEBERAPA BONUS EBOOK LAINNYA
KAMI JUGA SIAP MEMBANTU APABILA MENJUPAI KENDALA DALAM MENGGUNAKAN EBOOK TERSEBUT.

Selasa, 27 Januari 2009

CARA MEMBUAT SEPTICK TANK

Septick tank adalah bangunan yang dibuat dibawah permukaan tanah, berpungsi sebagai penampung kotoran manusia.
Septick tank sering juga disebut dengan istilah beerput, antara septick tank dan beerput fungsinya sama, hanya bentuk yang berbeda biasanya septick tank berbentuk persegi panjang dan terbuat dari pasangan bata, sedangkan beerput berbentuk selinder terbuat dari bis beton.

Pembuatan septick tank sebaiknya jauh dari sumur, jarak minimal adalah 7 m, untuk menjaga agar air sumur tidak tercemar akibat dari rembesan septick tank atau rembesan dari saluran (sumur) peresapan.

PERENCANAAN SEPTICK TANK

Perencanaan septick tank untuk 10 orang.
Diperkirakan setiap orang membuang kotoran (Q) = 25 lt/hari.
Tertampung didalam Septick tank selama 3 hari.
Volume Air kotor untuk 1 orang selama 3 hari = 3 x 25 = 75 liter.
Total Volume air kotor untuk 10 orang selama 3 hari = 10 x 75 = 750 liter = 0,75 m3.
Kedalam Air didalam septick tank = 1,5 meter.

Ukuran Septick tank :
Panjang = P
Lebar = L
P : L = 3 : 2 ---------------P = 1,5 L

Volume Septick tank = Volume air buang
P . L . h= 0,75 m3
1,5L . L . h = 0,75 m3
1,5L . L . 1,5= 0,75 m3
2,25L . L= 0,75 m3
L= 0,6 m lebih kecil dari 1 m ,maka diambil 1 meter.
P= 1,5L
= 1,5.1 = 1,5 meter.
Maka di dapat dimensi dari septick tank adalah :
Lebar = 1,5 meter
Panjang= 1,5 meter
Dalam = 1,5 meter
Volume septick tank = 1,5 . 1,5 . 1,5 = 3,375 m3

Sabtu, 24 Januari 2009

KOLAK ASPAL (BAHAN ALTERNATIF UNTUK MENAMBAL JALAN YG BERLUBANG)

Kolak Aspal jangan disamakan dengan kolak duren,pisang atau kolak kolak lain yang bisa dimakan.
Kolak aspal adalah alternatif lain untuk penambalan jalan aspal yang berlubang, kenapa disebut dengan kolak, karna cara pembuatannya sama seperti membuat kolak yang untuk dimakan. Disini kami menyebutnya dengan istilah KOLAKAN, biasanya rekan2 kalau menyebut KOLAKAN sudah mengerti maksudnya. Yaitu campuran aspal dangan split ½,2/3 atau 3/5. tergantung dalammnya lubang yang akan ditambal.(sebelem melanjutkan membaca beberapa hari yg lalu banyak teman2 yg menyarankan untuk ikutan PTC yg baru, akhirnya saya ikutan, kalau ada yang mau ikutan bisa KLIK DISINI kalau enggak silakan dilanjut. 



Munculnya istilah kolakan untuk menambal jalan yang berlubang, karena selama ini kami selalu sibukan oleh jalan yang berlubang saat musim hujan.
Seperti kita ketahui bahwa saat musim hujan dapat dipastikan akan timbulnya lubang lubang pada jalan, lubang lubang tersebut disebabkan bebrapa factor yaitu :
1. Perkerasan yang kurang baik, tanah dasar atau bagian perkerasan dibawah lapisan permukaan kurang stabil.
2. Bahan lapis Fondasi dalam keadaan jenuh air.
3. Adanya retak dipermukaan yang kemasukan air.
4. dll

Pada saat musim hujan biasanya kita kewalahan untuk menambal lubang-lubang, apalagi saat hujan terus menerus tidak memungkinkan untuk melakukan penambalan jalan, yang repotnya lagi saat melakukan penambalan dengan menggunakan ATB atau Aspal goreng (hot mix) tiba-tiba hujan, akan membuat bahan tersebut beku. Sehingga tidak dapat digunakan kembali.
Tetapi apabila penambalan jalan menunggu tidak musim hujan, dapat berakibat rawan kecelakaan dan pastinya jalan akan banyak lubang atau bisa-bisa jalan tersebut tidak dapat dilalui.
Untuk mengantisipasi hal tersebut penambalan jalan pada saat musim hujan harus tetap dilakukan, dengan melihat kodisi cuaca, bila tidak hujan mulai melakukan penambalan, tetapi bila bahan untuk menambal menggunakan ATB atau Hot Mix (aspal goreng), sangat beresiko karna untuk membuat kedua bahan tersebut memerlukan perncanaan dan waktu (tidak bisa mendadak) dan barang kalau sudah dibuat tidak bisa disimpan.
Untuk mengatasi hal tersebut pada saat musim hujan penambalan kami lakukan dengan Kolakan.
Adupun Keuntungan Penambalan dengan Kolakan :
1. Bahan dapat dibuat dahulu (di stock)
2. Saat melakukan penambalan tiba-tiba hujan turun bahan dapat digunakan kembali.

Tetapi penambalan dengan kolakan kelemahannya adalah permukaan hasil dari penambalan tidak rata, biasanya untuk mengatasi hal tersebut pada saat tidak musim hujan permukaan lubang yg di tambal dengan kolakan dilapis kembali denga ATB.

Cara Membuat Kolakan :
Bahan :
1. Aspal
2. Split 2/3 atau 3/5 atau ½ (sesuai kedalaman lubang)

Alat :
1. Serok, seperti serok untuk mengambil gorengan.
2. Cangkul.

Cara Membuat :
1. Aspal dimasak sampai cair.
2. Serok diisi split, kemudian dicelupkan keaspal yang cair (pencelupan tidak sampai serok tenggelam yaitu hanya ½ dari cerok)
3. siapkan alas yang sudah dilaburi pasir, hasil dari celupan tadi diletakan diatas alas tsb.

Cara Pembuatan dapat Dilihat pada photo dibawah :










Senin, 19 Januari 2009

PENGGANTI TULANGAN POSITIP PADA PLAT BETON

(BONDEK ATAU SPANDEK)

Pada pembangunan gedung tingkat, atau pembangunan rumah tingkat, sering kali kita direpotkan dengan begesting dan steger (begesting adalah alas untuk menahan beton sewaktu melakukan pengecoran, steger adalah tiang penyangga begesting).



Selain biaya bahan untuk kedua pekerjaan lumayan besar, dan juga pengerjaannya membutuhkan waktu. Ditambah lagi akan terhentinya aktipitas pekerjaan yang dipasangi steger.
                                                            
Apabila tidak mau direpotkan oleh pekerjaan seperti tersebut diatas, ada beberapa bahan alternatip penggantin tulangan positip yaitu BONDEX atau SPANDEX, kedua jenis bahan tersebut sama hanya beda dari pabrik yang membuat.

BONDEK atau SPANDEK, adalah lembaran-lembaran panel yang terbuat dari pelat baja dengan ketebalan 0,75 mm sampai dengan 1 mm, dengan lebar 60 cm sedangkan panjang tergantung permintaan, tetapi dibatasi maksimum 12 meter.
Keuntungan dari penggunaan bahan tersebut adalah : tidak perlu memasang begesting karna Bondek maupun Spandek dapat berpungsi sebagai begesting, kebutuhan steger dapat berkurang hingga 60 % bila dipanding dengan penggunaan besi beton biasa.

Penggunaan Bondek maupun Spandek untuk rumah tinggal jarang yang menggunakan sehingga banyak masyarakat tidak mengetahui, dan tenaga pemasangan khusus, tetapi di agen tempat penjualan bahan tersebut menawarkan sekalian pemasangan, pemasangan bondek maupun spandek sebenarnya tidaklah sulit, juga peralatan yang digunakan sederhana yaitu bor yg digunakan untuk menyambung antara panel.


EBOOK

INI TIDAK SEPERTI EBOOK-EBOOK LAINNYA YANG MENJANJIKAN MEMBER CEPAT KAYA ATAU SEBAGAI MESIN PENGUMPUL UANG, EBOOK INI SEBAGAI PASILITAS MEMBER UNTUK USAHA BAIK SECARA ONLINE MAUPUN OFFLINE, DAN EBOOK INI KAMI BUAT BERDASARKAN PENGALAMAN KAMI SELAMA INI

1. DIBIDANG TEKNIK SIPIL : 153 ANALISA PEKERJAAN SIPIL
EBOOK INI SANGAT MUDAH DIGUNAKAN, WALAUPUN YANG TIDAK MEMPUNYAI LATAR BELAKANG DI BIDANG BANGUNAN, KARENA CUKUP MENGISI HARGA SATUAN TUKANG MAUPUN MATERIAL DI MANA BANGUNAN ITU AKAN DIDIRIKAN, MAKA AKAN MENDAPAT HARGA SATUAN SETIAP PEKERJAAN, MULAI DARI PENGGALIAN SAMPAI DENGAN PHINISING RUMAH. SEHINGGA BISA DIGUNAKAN SEBAGAI PEDOMAN UNTUK MEMBORONG PEKERJAAN BANGUNAN ATAU RENOVASI RUMAH.

2. DIBIDANG INTERNET MARKETING : 52 LANGKAH CARA MEMBUAT WEB
UNTUK MEMULAI USAHA DIBIDANG INTERNET, SEBAIKNYA MENGGUNAKAN WEB PRIBADI DENGAN DOMAIN BERBAYAR, AGAR CALON KONSUMEN LEBIH PERCAYA UNTUK BERTRANSAKSI DENGAN KITA, DIDALAM EBOOK 52 LANGKAH CARA MEMBUAT WEB INI KAMI URAIKAN SANGAT SEDERHANA MUNGKIN AGAR MUDAH DI MENGERTI,  KARENA YANG KAMI TAMPILKAN SETIAP PERINTAH ADA GAMBARNYA,DENGAN CONTOH WEB YANG KAMI BUAT,  DAN KAMI YAKIN DENGAN MENGIKUTI SETIAP PETUNJUK DARI EBOOK TERSEBUT MEMBER AKAN BISA MEMBUAT WEB DENGAN BIAYA YANG TIDAK MAHAL HANYA MENGELUARKAN BIAYA UNTUK PEMBELIAN DOMAIN
DAN ADA BEBERAPA BONUS EBOOK LAINNYA
KAMI JUGA SIAP MEMBANTU APABILA MENJUPAI KENDALA DALAM MENGGUNAKAN EBOOK TERSEBUT.






Rabu, 14 Januari 2009

MENGAPA BETON PERLU DISIRAM AIR/DIRENDAM

Untuk sementara postingan mengenai CARA MEMBORONG PEKERJAAN SIPIL, saya stop dulu lain kali kita lanjutin lagi, agar tidak jenuh.

Yang dimaksud pada judul diatas adalah, setiap kita selesai melakukan pekerjaan beton, maka permukaan beton sebaiknya direndam air atau kalau tidak memungkinkan permukaan tersebut diberi karung goni kemudian disiram air, biarkan permukaan beton lembab selama minimal 7 hari.

Seperti pada judul diatas kenapa harus dilakukan hal tersebut, hal itu memungkinkan proses hidrasi yaitu reaksi mineral semen dengan air, bisa berlangsung dengan baik untuk menghasilkan kekuatan dan daya tahan beton seperti yang direncanakan.

Kurangnya kelembaban akan membuat mineral semen kurang bereaksi dengan baik untuk menghasilkan karakteristik beton yang dikehendaki .
Terjemurnya beton yang baru selesai terhadap matahari, akan dengan cepat menghilangkan kandungan air yang dibutuhkan didalam beton untuk sempurnanya reaksi sehingga akan menghasilkan mutu beton yang tidak baik, retak dan kerusakan pada permukaan beton.

Berdasarkan hasil kajian, kelembaban yang relative didalam beton yang aptimum untuk reaksi adalah 80% keatas, bila kelembaban beton terpengaruh oleh pengaruh lingkungan hingga turun dibawah 80%, maka reaksi akan terganggu bahkan terhenti sama sekali.
Oleh karena itu menjaga kondisi beton tetap lembab secara kontinyu sampai mencapai mutu beton yang disyaratkan.
Jika adukan beton setelah dituang dan dipadatkan, dan tidak dilakukan proses perawatan yang memadai dan hanya dibiarkan terekspos diruang terbuka, maka mutu dan kekuatan beton yang dihasilkan akan berkurang, bahkan bisa mengurangi kekuatan hingga 50% dari nilai rancangan mutu beton.
Bahkan perawatan dari beton pada saat selesai dituangkan dalam pekerjaan sehari-hari sering sekali diabaikan, perawatan hanya pada hari pertama, sedangkan hari berikutnya beton dibiarkan kering.

Temperatur merupakan factor yang sangat penting dalam perkembangan kekuatan beton, suhu optimal agar terjadi reaksi sempurna berkisar antara 10 – 23 C, bahkan jika perawatan dilakukan dibawah suhu 10 C, maka tidak akan memberikan perkembangan kekuatan nyang tinggi, bahkan jika perawatan dibawah titik beku maka tidak akan menghasilkan kekuatan sama sekali.
Sebaliknya jika suhu naik diatas 23 C, perkembangan kekuatan di umur awal semangkin meningkat, namun bisa menimbulkan efek lain, misalnya laju perkembangan kekuatan berikutnya akan terhambat dan mengakibatkan kekuatan beton akhir, lebih rendah, efek lainnya dengan menaiknya suhu lingkungan, laju penguapan air juga akan semangkin meningkat pula sehingga kelembaban akan turun dan mengakibatkan laju kekuatan beton berikutnya juga terganggu.

Oleh karena itu, perawatan beton yang baik harus dilakukan terutama di umur awal, minggu pertama, sebab bila terjadi penguapan air yang signifikan diumur awal, beton akan mengalami penyusutan dan hal ini akan menimbulkan beban tarik yang terjadi lebih besar dari kekuatan tarik beton yang dicapai, maka dipastikan akan terjadi retak-retak permukaan.

Ref: HOLCIM & ANDA
Peraturan Beton Indonesia 1971

Jumat, 02 Januari 2009

CARA MEMBORONG PEKERJAAN SIPIL (Bag 4)

TENAGA KERJA DILAPANGAN.


Agar suatu pekerjaan dapat berjalan dan mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan, peranan utama adalah terletak dari tenaga kerja yang ditempatkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Semua memegang peranan penting dari struktur jabatan yang tertinggi sampai dengan jabatan yang terendah, yg saya maksud disini adalah mulai dari Site manager sampai dengan pekerja (tenaga kasar).
Secara garis besar struktur tenaga kerja yang berada dilapangan terdiri dari :


1. Site manager
2. Pelaksana
3. Logistik/administrasi
4. Mandor/bas borong
5. Kepala tukang
6. Tukang
7. Tenaga

SITE MANAGER
Dalam pengerjaan proyek sekala menengah, biasanya site manager merangkap sebagai pimpro (pimpinan proyek), Site manager bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan pekerjaan dilapangan, sehingga seorang site manager selain harus manguasai teknis, juga harus dapat berkomunikasi baik dengan pemilik pekerjaan, pemerintahan setempat, masyarakat disekitar lokasi pekerjaan.
Karena dalam pelaksanaan pekerjaan sering dibutuhkan komunikasi dengan Pemilik pekerjaan, seperti penjelasan-penjelasan teknis maupun non teknis, sedangkan kenapa harus dibutuhkan komunikasi dengan pemerintahan setempat, hal ini berhubungan dengan ijin-ijin, keamanan dll.
Dan yang tidak kala pentingnya adalah menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat disekitar lokasi pekerjaan, hal ini untuk menghindari gesekan-gesekan yang bisa saja terjadi akibat kurang nya informasi yang diterima oleh masyarakat setempat mengenai keberadaan proyek tersebut. Karna keterbatasan tenaga tidak mungkin kita bisa menjelaskan atau menghubungi masyarakat disekitar lokasi pekerjaan satu persatu, sehingga yang dapat kita lakukan adalah melakukan pendekatan dengan sesepuh masyarakat, dan juga dengan ketua pemuda, mempekerjakan masyarakat disekitar lokasi proyek tersebut.
Bersambung…..