Jumat, 06 Maret 2009

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MERENOVASI RUMAH

Seiring dengan berjalannya waktu,(wau kayak mau memulai cerita cerpen aja), rumah yang kita tempati pasti ada bagian-bagian yang memerlukan perbaikan, apakah itu karena rusak atau ingin mengubah bentuk dari rumah tersebut. (Artikel ini sebagai pelengkap postingan saya terdahulu BACA
Pokoknya tujuan utama adalah agar rumah yang kita tempati lebih baik, lebih indah dari sebelumnya.



Nah untuk memulai tahapan-tahapan renovasi atau mudifikasi rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Perencanaan harus benar-benar matang, jangan disepelehkan perencanaan, karena tanpa perencanaan dapat dipastikan dalam pelaksanaan pekerjaan akan berantakan dan juga adanya pembengkakan biaya, sering kali saya mendengar keluhan teman-teman dalam merenovasi ataupun membangun rumah biayanya membengkak tidak karuan, saya Tanya rencananya seperti apa, yang disodorkan malah beberapa guntingan gambar, terus saya Tanya mana RAB, eh malah tidak ada, loh kok bisa tau anggarannya membengkak, oh ternyata RAB nya dikira kira. Yah..pantes…………….. mungkin pembaca bertanya gimana saya bisa membuat perencanaan, ok jangan kwatir caranya kalaupun tidak bisa menggambar kumpulkan dulu gambar-gambar dari majalah atau tabloid, item-item mana yang disenangi dicentang, buat sketsa ruangan yang akan direnovasi, tempelkan gambar disebelah sketsa tersebut, kemudian di tandai. Atau kalau bingung panggil anak STM, atau tukang Tanya item-item tersebut, yang lebih gampang lagi panggil jasa perencana, mendengar jasa perencana mungkin terbayang harganya mahal….oh…tidak selalu, bahkan perencanaannya bisa gratis….tergantung perjanjian. untuk membuat perencanaan ataupun pelaksanaan bisa klik disini .Atau kalau tetap mau menghitung sendiri nah silakan down load Cara menghitung RAB disini, gratis siapa tahu ada yang sesuai maklum tidak begitu mendetail.

2. Hitung biaya yang diperlukan, baik biaya untuk upah maupun biaya material, op…. jangan bingung dulu gimana caranya menghitung, nah untuk mengetahui cara menghitung silakan down load disini, biaya yang diperlukan untuk upah, dapat digunakan sebagai pedoman walaupun pekerjaan tersebut akan dikerjakan oleh tenaga harian, sehingga dapat menentukan jumlah tukang, tenaga dan berapa hari pekerjaan tersebut dapat diselesaikan. Kalau dikerjakan harian sering saya mendengar keluhan tukang yang mengerjakannya lambat, tetapi lambatnya seperti apa….yah pokoknya lambat..pekerjaan tidak selesai-selesai, nah kalau kita hitung biaya tukang kita dapat mengetahui apakah tukang tersebut lambat atau pekerjaannya sesuai standar berdasarkan analisa.

3. Persiapkan semua material yang dibutuhkan, sebelum memulai pekerjaan, jangan setelah ada tukang/pekerja, baru mau mempersiapkan kebutuhan material, sehingga tidak terjadi pemborosan di upah.

4. Kesiapan dari seluruh penguhuni rumah, yang dimaksud kesiapan disini adalah penghuni rumah siap mengahadapi kondisi rumah kurang tertata.

Setelah empat item yang saya tulis diatas dirasa sudah siap, baru melaksanakan renovasi.

Semoga bermanfaat.

3 komentar:

Terimakasih pak atas tis dalam renovasi rumah nya , sepertinya RAB yang harus paling diperhatikan ya pak agar pembangunan atau renovasi bisa berjalan sesuai yg direncanakan

Manatap nie, buat bikin rumah..
Beres kuliah harus punya rumah..
Sukses selalu kak

sebelum merenovasi rumah,, memang harus diperhitungkan benar" apa saja yang harus dipersiapkan.
Thanks

Poskan Komentar