Senin, 24 November 2008

MACAM-MACAM OBAT CAMPURAN BETON (Bag.2)

CALFLASH

BAHAN UNTUK MENYUMBAT LUBANG YG SIFATNYA CEPAT MENGERAS

Pekerjaan pembuatan bangunan yang dibawah permukaan air, seperti pembuatan tempat penampungan air(bawah tanah), bestmen, bendungan, fondasi mesin, sering terjadi kebocoran, untuk mengatasi kebocoran pada bangunan yang ada tekanan air, bila dilakukan dengan campuran beton biasa sangat sulit dilakukan, sehingga diperlukan bahan pencampur.
Bahan pencampur untuk menanggulangi kebocoroan bermacam-macam, tetapi disini yang kami memakai CALFLASH, karena merk tersebut yang sering kami gunakan dilapangan.


Cara Penggunaan :

Calflash dicampur dengan semen secukupnya, kemudian aduk sampai merata tanpa memakai air, selanjutnya ditambalkan pada lokasi yang bocor, biasanya kalau lubang terlalu besar pengerjaan penambalan tidak bisa sekaligus, sebaik nya pada lubang tersebut diberi selang diameter 5 cm yang berfungsi untuk mengalihkan tekanan air, disekeliling selang ditutup dengan campuran calflas dan semen, biarkan selang mengeluarkan air, setelah mengering campuran yg disekeliling selang, kemudian selang ditutup (disumbat dengan kayu/atau bahan jenis lain) , selanjutnya selang tersebut ditutup dengan campur calflash dan semen.
Saat Calflash sudah diaduk dengan semen, segera ditambalkan pada lokasi yang bocor, karena sifat dari Calflash setelah dicampur dengan semen akan cepat mengering 10 sampai dengan 15 detik. Karena sifatnya cepat mengering sebaiknya pembuatan campuran jangan terlalu banyak.

0 komentar:

Poskan Komentar