JASA GAMBAR RUMAH

JASA GAMBAR RUMAH

Rabu, 24 September 2008

CARA MENGHITUNG RAB RUMAH (BAGIAN 2)

Cara menghitung Volume pekerjaan :

I. Pekerjaan Awal

1. Pengukuran
Yang dimaksud dengan pengukuran adalah sebelum memulai pekerjaan, untuk menentukan posisi dari bangunan dilakukan pengukuran batas-batas, volume pengukuran adalah dihitung dg satuan lumpsum, missal diperkirakan dikerjakan 2 hari dengan 2 tukang, sehingga perhitungan sbb ,upah tukang Rp.50.000, maka biaya 50.000 x 2 x 2 = Rp. 200.000.


2. Bowplank
Digunakan untuk membantu menentukan As atau letak titik dari bangunan, dengan cara membuat pagar menggunakan papan 2/15 dipaku pada kayu ukuran 5/7 sebagai tiang, dibuat dengan jarak 1 meter dari as bangunan dipasang keliling bangunan.
Misal rumah ukuran 6 x 7 , maka volume bowplank adalah (6+1+1)+(7+1+1)=17 m.
Harga dan kebutuhan material dapat dilihat pada Analisa pekerjaan.

II. Pekerjaan Galian dan urugan

1. Galian
Adalah pekerjaan menggali yang berhubungan dengan pembuatan fondasi, dalam dan lebarnya fondasi ditentukan oleh type fondasi. Misal lebar bawah fondasi 70 cm, maka lebar dari galian adalah 70 cm ditambah kiri 10 cm kanan 10 cm menjadi 70 + 20 = 90 cm, sedangkan kedalaman galian juga ditentukan oleh keadaan tanah baik, tetapi kalau kondisi tanah biasa umumnya kedalaman galian 70 cm, maka volume galian adalah 0.9 m x 0.7 m x panjang fondasi = satuan m3, sedangkan untuk menentukan berapa jumlah tenaga atau upah dapat dilihat analisa pekerjaan galian.

2. Urugan
Adalah pekerjaan mengurug lantai bangunan, volume dihitung luas bangunan dikalikan tinggi urugan satuan m3, kebutuhan material urugan dan jumlah tenaga atau upah dapat dilihat pada analisa pekerjaan.

3. Mengurug kembali
Adalah mengurug bekas galian Fondasi, volume biasanya dihitung 1/3 dari volume galian, contoh volume galian 60 m3 maka urugan kembali adalah 60 m3/3 = 20 m3.


III. Pekerjaan Fondasi

1. Lantai Kerja
Adalah suatu item pekerjaan yang lokasinya dibawah fondasi (lihat fondasi Rumah), lantai kerja dapat berupa urugan pasir dengan tebal 10 cm, pasangan batu kali kosong, atau beton dengan campuran 1:3:5 tebal 5 s/d 10 cm. cara perhitungan adalah luas dikalikan tebal dengan satuan m3, kebutuhan material dan upah lihat analisa pekerjaan.

2. Pasangan Fondasi
Fondasi yang kami maksudkan disini adalah fondasi batu kali (stal) untuk bangunan rumah lantai 1, cara menghitung volume hitung semua panjang fondasi kemudian dikalikan tinggi fondasi, dan dikalikan (lebar atas+lebar bawah dibagi 2), satuan m3.
Contoh: panjang seluruh fondasi 50 meter, tinggi fondasi 0,7 meter, lebar atas fondasi 0.3 meter lebar bawah fondasi 0.7 meter, maka volumenya adalah 50 x 0,7 x ((0,3+0,7)/2) = 17,5 m3.

IV. Pekerjaan Beton

1. Sloof
Yang dimaksud dengan sloof adalah struktur bangunan yang berada diatas fondasi untuk lebih jelas lihat sloof rumah lantai 1 dan 2.
Cara menghitung volume sebagai berikut : untuk volume beton panjang total sloof x lebar x tinggi = satuan m3.
Untuk perhitungan jumlah besi beton, pertama yang dicari adalah jumlah begel, dengan cara panjang total sloof dibagi jarak begel ditambah 1 = jumlah begel, jumlah begel dikalikan panjang satu begel = panjang total besi beton yang dibutuhkan.
Misal sloof 15/20, begel d 8 – 15, panjang total 25 meter, jumlah begel = (25/0.15)+1=167,6 bh = 168 bh, sedangkan panjang satu begel = ((15 -5)x 2)+((20-5) x 2)= 50 cm, maka total besi beton untuk begel adalah 0,5 x 168 = 84 meter, satu batang besi beton panjang standar adalah 12 m, 84/12= 7 batang. Untuk menghitung besi beton tulangan pokok yaitu dengan cara jumlah tulangan pokok dikalikan panjang total.
Sedangkan untuk perhitungan RAB besi beton tidak dihitung,yang ditampilkan adalah volume beton.

2. Kolom
Cara menghitung Volume adalah tentukan atau hitung jumlah kolom kemudian dikalikan tinggi kolom,sehingga mendapat total panjang kolom x lebar x tinggi = volume kolom satuan m3.

3. Ring balk.
Cara menghitung volume sama dengan perhitungan sloof dan kolom

V. Pekerjaan Dinding

1. Pasangan Bata.
Dinding pasangan bata ada 2 cara menghitung yaitu dengan cara perhitungan luas dan dengan cara perhitungan isi, untuk perhitungan isi jarang sekali digunakan, akan tetapi bila suatu saat dibutuhkan dengan cara perhitungan isi, caranya adalah luas x tebal, untuk tebal tergantung jenis pasangan bata, pasangan 1 bata atau ½ bata ,untuk ukuran 1 bata yaitu 30 cm sedangkan ukuran ½ bata 15 cm.
Cara menghitung luas pasangan bata adalah sebagai berikut, pertama hitung keliling dari dinding, kalikan dengan tinggi dinding, dan dikurang luas dari daun jendela,daun pintu,boven, satuan m2.

2. Plesteran
Volume plesteran adalah 2 x dari volume pasangan bata.

3. Acian
Sama dengan cara menghitung volume plesteran tetapi dikurangi, daerah yang tidak di aci seperti dinding keramik dll.


4. Sponengan atau tali air
Sponengan atau tali air adalah batas antara kusen dan plesteran, bila lebar kusen kurang dari lebar dinding (15 cm) maka batas antara kusen dan plesteran disebut sponengan, sedangakan bila lebar kusen sama dengan lebar dinding maka batas antara kusen dan plesteran disebut tali air.


VI. Pekerjaan Kusen dan Pintu, Jendela

1. Pembuatan Kusen
Cara perhitungan kusen pada RAB ada 2 macan yaitu dengan satuan jadi, atau m3, untuk satuan m3 yaitu hitung semua panjang dari bahan pembuat kusen kemudian dikalikan dengan tebal dan lebar dari kayu, satuan m3.
Kebutuhan material dan upah dapat dilihat pada analisa pekerjaan.

2. Daun Pintu.
Daun pintu ada beberapa macam, missal daun pintu panil atau doble plywood, dalam perhitungan volume untuk RAB biasanya di hitung perunit.

3. Pasang Kusen Pintu dan Jendela
Volume pemasangan bermacam-macam, antara lain dg cara panjang keliling kusen, perlubang, atau perunit.

4. Pasang Daun Pintu dan Jendela
Volume pemasangan dihitung perunit, diluar pemasangan kunci tanam, hak angin, slot.

Bersambung
Untuk Mendapatkan 153 Analisa Pekerjaan Sipil KLIK DISINI sytem manual yaitu ebook dikirim ke email
Atau Ebook system Reseller, member yang sdh aktifasi bisa download sesukanya dan akan mendapatkan mini website yang bisa digunakan untuk menual kembali ebook tersebut, mendaftar silakan klik pada gambar ebook dibawah ini :


EBOOK

INI TIDAK SEPERTI EBOOK-EBOOK LAINNYA YANG MENJANJIKAN MEMBER CEPAT KAYA ATAU SEBAGAI MESIN PENGUMPUL UANG, EBOOK INI SEBAGAI PASILITAS MEMBER UNTUK USAHA BAIK SECARA ONLINE MAUPUN OFFLINE, DAN EBOOK INI KAMI BUAT BERDASARKAN PENGALAMAN KAMI SELAMA INI

1. DIBIDANG TEKNIK SIPIL : 153 ANALISA PEKERJAAN SIPIL
EBOOK INI SANGAT MUDAH DIGUNAKAN, WALAUPUN YANG TIDAK MEMPUNYAI LATAR BELAKANG DI BIDANG BANGUNAN, KARENA CUKUP MENGISI HARGA SATUAN TUKANG MAUPUN MATERIAL DI MANA BANGUNAN ITU AKAN DIDIRIKAN, MAKA AKAN MENDAPAT HARGA SATUAN SETIAP PEKERJAAN, MULAI DARI PENGGALIAN SAMPAI DENGAN PHINISING RUMAH. SEHINGGA BISA DIGUNAKAN SEBAGAI PEDOMAN UNTUK MEMBORONG PEKERJAAN BANGUNAN ATAU RENOVASI RUMAH.


2. DIBIDANG INTERNET MARKETING : 52 LANGKAH CARA MEMBUAT WEB
UNTUK MEMULAI USAHA DIBIDANG INTERNET, SEBAIKNYA MENGGUNAKAN WEB PRIBADI DENGAN DOMAIN BERBAYAR, AGAR CALON KONSUMEN LEBIH PERCAYA UNTUK BERTRANSAKSI DENGAN KITA, DIDALAM EBOOK 52 LANGKAH CARA MEMBUAT WEB INI KAMI URAIKAN SANGAT SEDERHANA MUNGKIN AGAR MUDAH DI MENGERTI,  KARENA YANG KAMI TAMPILKAN SETIAP PERINTAH ADA GAMBARNYA,DENGAN CONTOH WEB YANG KAMI BUAT,  DAN KAMI YAKIN DENGAN MENGIKUTI SETIAP PETUNJUK DARI EBOOK TERSEBUT MEMBER AKAN BISA MEMBUAT WEB DENGAN BIAYA YANG TIDAK MAHAL HANYA MENGELUARKAN BIAYA UNTUK PEMBELIAN DOMAIN
DAN ADA BEBERAPA BONUS EBOOK LAINNYA
KAMI JUGA SIAP MEMBANTU APABILA MENJUPAI KENDALA DALAM MENGGUNAKAN EBOOK TERSEBUT.


JASA GAMBAR RUMAH
create your own banner at mybannermaker.com!
KLIK PADA BANNER



11 komentar:

Makasih atas infonya,,,sangat bermanfaat...

Silahkan berkunjung ke:
http://123rumah.wordpress.com/2008/01/12/merenovasi-rumah-sederhana/

Nice job.
Tapi maaf mas, untuk bagian Bouwplank, apa kebutuhannya bukan = 2x(6+1+1) + 2x(7+1+1) = 16 + 18 = 34 m' ya? Perhitungan anda mungkin tepat jika lokasi bagunan berada dipojok (diapit 2 bangunan yang sudah ada). Mohon dikoreksi jika pendapat saya kurang tepat. Terima kasih.

www.awesomez.blogspot.com

Fungsinya bowplank antara lain untuk menentukan as,siku bangunan,dll, perhitungan volume untuk borongan diambil pajang + 2m dan lebar+2.
kenapa ditambah 2 meter agar tiang bowplank tidak mengenai titik galian. perhitungan tsb secara umum.

terima kasih,,
http://www.harly-umboh.com

bagaimana cara menghitung bata yang diperlukan dalam setiap M2?

bagaimana dengan menghitung volume bekisting dengan satuan m2

Thanks utk infonya. Menambah wawasan. saya benar-benar awam masalah perhitungan rumah ini. Sip artikelnya, sangat memabantu saya dalam memperkirakan biaya pembuatan ruamh.

salam
simon

Poskan Komentar