JASA GAMBAR RUMAH

JASA GAMBAR RUMAH

Jumat, 08 Agustus 2008

BORONGAN ATAU HARIAN

Membangun Rumah, diawali dengan perencanaan gambar dan RAB, setelah tahapan tersebut selesai, untuk pelaksanaan ada 3 pilihan :

1. Borongan Tenaga dan Material
2. Borongan Tenaga
3. Tenaga Harian


1.Borongan Tenaga dan Material

Pelaksanaan pekerjaan pembangunan ke Kontraktor yang mencari dan mengawasi tukang, serta membeli material.
Biasanya kalau pengerjaan diserahkan ke kontraktor , bila belum ada gambar, kita bias meminta bantuan untuk membuatkan gambar, dan RAB.
Biaya pembuatan gambar besarnya tergantung perjanjian, ada yang dihitung berdasarkan luas bangunan atau berdasarkan prosentase dari RAB.

Biaya tersebut biasanya ditagihkan kalau kita tidak jadi menggunakan jasa dari kontraktor, tetapi sebaliknya bila pelaksanaan dikerjakan oleh kontraktor , biaya perencanaan gratis.

Sebelum memulai pelaksanaan pelajari gambar dengan teliti, bila kita kurang paham sebaiknya ditanyakan, karma untuk menghindari pekerjaan bongkar pasang saat pelaksanaan, karna perubahan design saat pelaksanan akan mengakibatkan penambahan biaya, sebaiknya perubahan dilakukan pada gambar dan jangan sungkan-sungkan untuk meminta perubahan gambar kalau tidak sesuai dengan keinginan kita.

Karna tanggung jawab yang besar jangan memilih kontraktor sembarangan , carilah kontraktor yang mempunyai reputasi baik , rekomendasi bias dari teman , dan agar lebih yakin kita lihat dulu hasil pekerjaan yang sudah perna dikerjakan.

Menyerahkan pelaksanaan pembangunan pada kontraktor , membuat biaya pembangunan akan sedikit lebih mahal, karna kontraktor mencari keuntungan dari pekerjaanya, besarnya bervariatif, rata-rata 10 % dari total nilai proyek. Hal ini wajar karna tenaga dan pikiran anda tidak tercurah maksimal untuk pelaksanaan pembangunan tersebut, dan dari sisi lain kontraktor bias menekan biaya pembangunan serta waktu pengerjaan bisa lebih cepat.




2. Borongan Tenaga

Pelaksanaan pekerjaan pembangunan diserahkan kepada Bas Borong, sedangkan kita menyiapkan kebutuhan material.
System borongan tenaga bisah dihitung dari volume item pekerjaan atau dengan perhitungan luas dari bangunan.

Pada saat pelaksanaan sebaiknya kita membayar tenaga pengawas, agar pelaksanaan sesuai dengan yang diharapkan, karna ada kemungkinan saat pelaksanaan gambar tidak bisah diterapkan dilapangan, dan harus segera dicari solusinya. Agar pekerjaan tidak berhenti menunggu keputusan dari anda.


3. Tenaga Harian.

Pelaksanaan pekerjaan menggunakan tenaga yang dibayar harian, sesuai dengan standar upah setempat.
System ke 3 ini apabilah membangun rumah menengah keatas sebaiknya dihindari, karna bila anda tidak mempunyai pengalaman dibidang pembangunan , maka anda akan stress dan biaya bisa membengkak.
Sebaiknya mencari tukang atau tenaga yang bisa membaca gambar.




Yang perlu diperhatikan dalam pembangunan rumah :

1. Gambar.
Terdiri dari gambar lay out,Tampak Depan,belakang,samping kiri,samping kanan, denah, potongan melintang, memanjang, denah fondasi, denah sanitasi, denah atap, denah listrik, detail-detail yang diperlukan seperti fondasi, pembesian dll

2. Tenaga pelaksana harus sudah anda kenal, atau refrensi dari teman.

3. Biaya

4.Jangan menumpuk semen terlalu banyak apabilah tidak mempunyai tempat penyimpanan yang memnuhi syarat, karna akan membuat semen menjadi rusak.



Agar kita bisa mengetahui berapa lama pembangunan bisa diselesaikan  atau berapa jumlah material yang di butuhkan, dan jumlah tukang  gunakan analisa pekerjaan sipil KLIK DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar