Minggu, 06 Juli 2008

KOLOM BETON UTAMA & PRAKTIS

KOLOM (TIANG) BETON

Kolom pada bangunan rumah tinggal ada dua macam
a. Kolom Utama
b. Kolom Praktis

a. Kolom Utama.

Yang dimaksud dengan kolom utama adalah kolom yang fungsi utamanya menyanggah beban utama yang berada diatasnya.
Untuk rumah tinggal disarankan jarak kolom utama adalah 3.5 m, agar dimensi balok untuk menompang lantai tidak tidak begitu besar, dan apabila jarak antara kolom dibuat lebih dari 3.5 meter, maka struktur bangunan harus dihitung.
Sedangkan dimensi kolom utama untuk bangunan rumah tinggal lantai 2 biasanya dipakai ukuran 20/20, dengan tulangan pokok 8d12mm, dan begel d 8-10cm ( 8 d 12 maksudnya jumlah besi beton diameter 12mm 8 buah, 8 – 10 cm maksudnya begel diameter 8 dengan jarak 10 cm).

b. Kolom Praktis

Adalah kolom yang berpungsi membantu kolom utama dan juga sebagai pengikat dinding agar dinding stabil, jarak kolom maksimum 3,5 meter, atau pada pertemuan pasangan bata, (sudut-sudut).
Dimensi kolom praktis 15/15 dengan tulangan beton 4 d 10 begel d 8-20.



Untuk menentukan berapa kebutuhan material dan upah ebook 153 analisa pekerjaan sipil


7 komentar:

wah keren2... sangat membantu..

Dari segi kepentingan arsitektur, saya mau tanya sekarang : "Kalau kolom utama ingin sekalian difungsikan jadi tempat penyaluran talang tegak (pipa pvc dia-10cm), bisa 'kan disisipkan di tengah kolomnya?
Tapi bagaimana si talang itu nanti kalau harus belok menembus sela-sela besi struktur tegaknya pas di kaki ? Kalau perlu dimensi beton bisa diperbesar agar tidak mengurangi perhitungan kekuatan semula.
Kuntjoro Sukardi

Thanks informasinya bermanfaat sekali,...

Permisi, sy mau tanya, untuk tiap kali penyambungan besi pada kolom ataupun balok beton bolehkah dg cara di las tidak di ikat dg kawat bengrat?? Trimaksih mohon jawabnnya urgen.

Penyambnungan besi tidak diperbolehkan menggunakan las, karena akan mengurangi daya darik baja, akibat pemanasan oleh las tersebut.

saya sedang membuat pondasi, tetapi ada sebuah bagian pondasi antara kolom utama dengan kolom utama dengan jarak 4 meter tidak ada kolom praktis, apakah bisa sloof dibobok lagi untuk dibuat kolom praktisnya

4 meter tidak perlu pen\ambahan kolom praktis... hanya saja nanto ringbalknya di buat pada ketinggian 2.5 meter....

Poskan Komentar