Rabu, 04 Juni 2008

Struktur Rumah Tinggal

Pada Bangunan Rumah ada beberapa nama-nama struktur (bagian) yang menompang rumah agar dapat berdiri. Adapun bagian – bagian tersebut adalah sebagai berikut :
1. Bowplank
2. Lantai kerja
3. Onderlah
4. Fondasi
5. Sloof
6. Dinding
7. Plesteran dan Acian
8. Trasram
9. Kolom
10. Ringbalk
11. Plat lantai
12. Balok
13. Kuda-kuda
14. Gording dan Balok nok
15. Papan suri dan kerpus
16. Begesting.

Pada pembahasan selanjutnya akan saya jelaskan satu persatu ietm-item tersebut dengan sesederhana mungkin agar para pembaca yang tidak mempunyai latar belakang bidang pembangunan dapat mengetahui dengan jelas, dan dapat menerapkan dilapangan.

3 komentar:

Terima kasih banyak pak.
Infonya sangat berguna.

Mengingat dalam istilah dan nama bagian-bagian bangunan kadang-kadang masih menggunakan istilah asing ( Belanda, dan diterjemahkan ke bahasa Indonesia menggunakan bahasa bacaannya, sehingga susah dicari dalam kamus Belanda/Indonesia, alangkah lebih jelas kalau uraiannya dilengkapi dengan "sketsa" atau "gambar" yang menjelaskan hubungan antar konstruksi / struktur yang dimaksud oleh penulis, sehingga lebih mudah ditelusuri, Contoh: Bowplank(seharusnya : bouwplank),Onderlah (onderlaag),Trasram (trassraam),Begesting ( bekisting), dsb. Bravo dan Salam kenal kami untuk Anda.(Ir.Sarwoko,MM - Arsitek, Dosen Arsitektur & Struktur beberapa Universitas sejak 1965)

Poskan Komentar