Minggu, 22 Juni 2008

MERENCANAKAN RENOVASI RUMAH

Bertambah umur dari rumah terkadang kita memerlukan rernovasi selain untuk perbaikan juga untuk menambah atau merubah fungsi dari ruangan, merenovasi rumah memerlukan waktu dan dana yang tidak sedikit tergantung dari besar kecilnya perbaikan atau perubahan. Oleh sebab itu banyak hal yang harus dipertimbangkan.


1. Libatkan seluruh keluarga untuk memberi maksukan bagian mana yang perlu direnovasi atau yg perlu dirubah.

2. Tentukan anggaran yang diperlukan sesuai dengan kemampuan, dan buatlah prioritas yang perlu direnovasi dulu.

3. Tentukan gaya rumah yang diinginkan, karna berhubungan dengan anggaran.

4. Perkirakan waktu yang diperlukan untuk merenovasi rumah, karna pekerjaan renovasi akan mengganggu penghuni, pikirkan perlu memindahkan keluarga atau tidak, karna apabila renovasi yang dilakukan besar, rumah akan berantakan dan selalu kotor, bias mengakibatkan stress pada penghuni.

6. Tentukan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, karna hal ini berhubungan dengan waktu dan biaya, bila dikerjakan sendiri sebaiknya membayar pengawas agar pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan untuk menentukan berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan ada dapat melihat analisa satuan pekerjaan pada postingan saya terdahulu.

7. Jika memilih kontraktor ( diborongkan material+Upah), pilihlah kontraktor yang professional, buatlah kontrak perjanjian tertulis yang lengkap termasuk spesifikasi bahan dan lamanya pekerjaan. Dan system pembayaran, ini penting agar tidak timbul kesalah pahaman dengan kontraktor saat dan selesai renovasi.

8. Saat renovasi berjalan, sebaiknya hindari perubahan-perubahan, karna dengan adanya perubahan akan berakibat pada bertambahnya waktu dan biaya, sebaiknya sebelum memulai renovasi pelajari dulu gambar dengan seksama, apabila perlu melakukan perubahan hanya merubah gambar.

Anda pasti tidak ingin pusing saat melakukan renovasi yang berhubungan dengan baiaya dan waktu. Dan hasil tidak sesuai dengan yang diharapkan. Jadi disiplinlah dengan rencana dan budget anda.
Semoga bermanfaat dan selamat membangun.


Ref: Holcim & Anda (Juni 2008)

0 komentar:

Poskan Komentar